January 02, 2014

Mimpi

Saat membuka media sosial pagi tadi, saya melihat status beberapa teman yang diantaranya berisi tentang mimpi. Saya pun jadi teringat mimpi di beberapa malam terakhir. Biasanya saya termasuk orang yang bisa mengingat hampir setiap mimpi secara detail, sehingga di keesokan harinya masih bisa menceritakan kembali mimpi itu secara terperinci. Teman-teman yang saya ceritai umumnya akan heran atau mengerutkan dahi kenapa mimpi saya bisa begitu detail dan memiliki "cerita". Pertanyaan-pertanyaan itu selalu saya jawab "mungkin karena daya imajinasi saya cukup tinggi", demikian yang pernah saya baca di beberapa artikel/ tulisan tentang mimpi. Kalau pada umumnya mimpi orang "hitam putih", mimpi saya justru berwarna, meski tak selalu. Mimpi-mimpi yang saya alami biasanya berupa lucid dreaming yaitu suatu keadaan mimpi dimana si pelaku menyadari bahwa dia sedang bermimpi saat mimpi tersebut masih berlangsung, dan kadang-kadang mampu mengubah lingkungan dalam mimpinya serta mengendalikan beberapa aspek dalam mimpi tersebut. Entahlah...mungkin saya memang "pemimpi" dan pengkhayal akut, haha. 
~Akh, saya jadi ingin belajar lebih jauh tentang oneirologi

Baiklah, kita kembali ke mimpi saya di beberapa malam terakhir... 
Sebenarnya mungkin bukan suatu hal yang istimewa, tapi saya merasa "aneh" dengan mimpi-mimpi tersebut. Saya tak bisa ingat apapun, meskipun begitu hingga keesokan harinya (bahkan sampai beberapa hari setelahnya), saya masih bisa merasakan kesan atau perasaan dari mimpi itu. Sebuah kesan/ perasaan abstrak karena suatu peristiwa yang tidak diketahui. Atau saya membayangkannya seperti "kesan" yang dirasakan oleh orang yang mengalami amnesia ketika mendatangi tempat-tempat yang pernah dikunjunginya. Saya sendiri tidak tahu apakah itu rasa senang, sedih, marah, atau apa, yang jelas kesan itu melekat sangat kuat. Dugaan saya sih, mungkin hal ini, salah satunya, disebabkan juga oleh pengaruh hormonal karena sudah dekat dengan siklus bulanan. Hmm...I don't know exactly, saya pun masih mencari informasi tentang hal ini. 

Pemetaan mimpi saya kurang lebih begini:
  • lucid dreaming = umum
  • mimpi yang tidak diingat = umum
  • merasakan emosi ketika mimpi = umum
  • mengalami mimpi beberapa malam berturut turut = mungkin umum
  • masih merasakan "kesan" abstrak dari mimpi dalam jangka waktu yang panjang (hingga beberapa hari setelah mimpi berlangsung) = umum?
Adakah yang pernah punya pengalaman serupa...? ^^